Pelantikan 304 PNS Di Kabupaten Barito Selatan Momen Penguatan Komitmen Pelayanan Publik

Barito Selatan  // Jurnalisnusantarasatu.com – PJ. Bupati Barito Selatan Dr. H. Deddy Winarwan, M.,Si Sebanyak 304 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan secara resmi diambil sumpah dan janjinya dalam sebuah upacara yang khidmat. Acara ini dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan yang mewakili Pemerintah Kabupaten di Jaro Pirarahan Senin, 13/5/2024.

Dr. Deddy Winarwan menyampaikan ucapan selamat kepada para PNS yang telah mengucapkan sumpah/janji. “Sumpah/janji yang kalian ucapkan pada hakekatnya merupakan amanah tertuang dalam pasal 39 (1) Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS,” ujarnya. Peraturan ini menyatakan bahwa setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji di hadapan atasan yang berwenang.

Sumpah/janji yang diucapkan para PNS ini, menurut Dr. Deddy Winarwan , bukan sekadar formalitas, melainkan sebuah komitmen untuk mentaati keharusan dan menghindari larangan yang ditentukan, yang diikrarkan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. “Momentum ini hendaknya menjadikan kita selalu bersyukur dengan apa yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” tambahnya.

PJ. Bupati Barito Selatan Dr. Deddy Winarwan menekankan bahwa rasa syukur tersebut seharusnya diwujudkan melalui semangat kerja dan pengabdian yang tinggi kepada masyarakat. “Sebagai seorang PNS, tentu saja memiliki tanggung jawab yang tidak kecil sejak kalian mulai mengikuti pendaftaran seleksi CPNS,” ujarnya, mengingatkan bahwa tanggung jawab ini juga termasuk mematuhi kode etik sebagai pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan dalam melaksanakan tugas.

Pelanggaran terhadap kode etik dapat dikenakan sanksi disiplin sesuai dengan kadar pelanggaran yang dilakukan. “Karena itu saya merasa wajib mengingatkan saudara-saudari sekalian, bekerjalah dengan tekun dan sepenuh hati. Hindari perbuatan-perbuatan yang dapat menjerumuskan kalian pada perbuatan yang melanggar kode etik dan disiplin PNS,” tegasnya.

Upacara pengambilan sumpah/janji ini diakhiri dengan doa bersama, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar para PNS yang baru dilantik diberi kekuatan dan keikhlasan dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya. Para PNS juga diingatkan untuk selalu menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam bekerja.

Dengan pelantikan ini, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan berharap dapat mewujudkan pelayanan birokrasi yang lebih baik dan berkualitas. “Semoga sumpah/janji ini menjadi pengingat dan pendorong bagi kita semua untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutup nya.

Para PNS yang baru dilantik tampak bersemangat dan bertekad untuk mengabdikan diri dengan sepenuh hati, sesuai dengan sumpah/janji yang telah diucapkan. Mereka juga menyatakan komitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan dedikasi dalam setiap tugas yang diemban. (Gilang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *