Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Janji Pejabat Di Kabupaten Barito Selatan.

Barito Selatan // Jurnalisnusantarasatu.com -Hari ini, Penjabat (PJ) Bupati Barito Selatan, Dr. H. Deddy Winarwan, S.STP., M.Si, melantik dan mengambil sumpah janji enam orang pejabat administrator, pejabat pengawas, dan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan. Acara ini berlangsung di aula Bappeda Barsel dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk ketua atau perwakilan anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan, rekan-rekan anggota Forkopimda, kepala perangkat daerah, serta pejabat yang baru dilantik.Selasa (28/05/2024)

Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan surat Gubernur Kalimantan Tengah nomor 800/72/II.1/BKD tanggal 20 Februari 2024 yang berisi permintaan persetujuan tertulis untuk mutasi, promosi, dan pemberhentian pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan tahun 2024. Keputusan ini juga didasarkan pada keputusan Bupati Barito Selatan nomor 882.3/35/FEG/BKPSDM/2024 tanggal 2 Mei 2024 mengenai kenaikan pangkat pengabdian, pemberhentian, dan pemberian pensiun bagi pegawai negeri sipil yang mencapai batas usia pensiun.

Dalam sambutannya, Dr. H. Deddy Winarwan menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan langkah penting dalam memperlancar pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. “Pelantikan ini diharapkan dapat menyempurnakan pelaksanaan pelayanan publik yang diterima masyarakat,” ujarnya. Beliau juga menekankan pentingnya mengisi kekosongan jabatan di tingkat kecamatan, khususnya jabatan Camat Karau Kuala yang telah kosong.

PJ Bupati Barito Selatan mengingatkan bahwa mutasi dan promosi jabatan didasarkan pada pertimbangan berbagai aspek serta ketentuan yang berlaku. Pelantikan ini juga mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui surat nomor 100.2.2.6/3394/OTDA tanggal 10 Mei 2024, serta surat Kepala Badan Kepegawaian nomor 2166/R-AK.02.02/SD/K/2024 tanggal 22 April 2024.

Selain itu, Dr. H. Deddy Winarwan menekankan pentingnya integritas, kinerja tinggi, dan netralitas dari para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan. “Karakteristik ASN yang berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih dari KKN, mampu melayani publik dengan netralitas dan berdedikasi harus menjadi fokus utama,” katanya. Beliau juga mengajak seluruh ASN untuk menanamkan CORE VALUE “BERAKHLAK” dan EMPLOYER BRANDING dengan bangga melayani bangsa.

PJ Bupati juga menekankan pentingnya kreativitas dan inovasi dalam melaksanakan tugas. “Tantangan ke depan akan semakin berat sehingga membutuhkan terobosan dan inovasi dari aparatur yang ada. Tingkatkan terus kompetensi yang dimiliki, baik manajerial, teknis, maupun sosiokultural,” tegasnya. Ia berharap seluruh perangkat daerah dapat memacu kinerja ASN untuk meningkatkan pelayanan publik.

Pada kesempatan yang sama, Dr. H. Deddy Winarwan juga mengingatkan pentingnya netralitas ASN, terutama menjelang pesta demokrasi tahun 2024. “Netralitas ASN harus dijaga dari segala bentuk pengaruh dan kepentingan. Ketidaknetralan ASN dapat berdampak pada diskriminasi layanan dan konflik kepentingan,” ujar beliau.

Menutup sambutannya, PJ Bupati Barito Selatan berpesan kepada para pejabat yang baru dilantik agar bekerja dengan profesionalitas dan kejujuran. “Junjung tinggi profesionalitas dan selalu bekerja dengan jujur. Kejujuran adalah kunci utama untuk mencapai keberkahan dalam pengabdian,”pungkasnya. (Gilang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *